29 April 2008

Kapan Buku Putih Pertahanan Diterbitkan?

All hands,
Saat ini salah satu pertanyaan yang timbul di benak saya adalah kapan Buku Putih Pertahanan 2008 diterbitkan oleh Dephan? Secara konsep, naskahnya sudah siap awal Januari 2008. Karena kebetulan pada Desember 2007 saya dilibatkan oleh kawan di Dephan untuk mengedit buku itu. Saya ulangi, saya cuma mengedit. Tidak lebih dan tidak kurang!!! Penegasan ini penting, karena belajar dari kasus Buku Putih 2003, banyak orang yang mungkin karena ingin terkenal dan diakui mengklaim buku itu buatan dia. Padahal mereka cuma dilibatkan pada bagian tertentu dari buku itu. Maklum, namanya juga selebritis pertahanan. Kalau tanya ke Dephan, alasannya pencetakan buku itu agak terhambat. Entah kenapa terhambat, saya nggak tanya detail. Cuma yang pasti, buku tersebut sudah dipaparkan di Pentagon pada USIDBDD pertengahan April 2008 lalu. Mungkin ada yang penasaran, bagaimana isi Buku Putih Pertahanan 2008? Komentar saya singkat, lebih outward looking, but not enough yet. Sudah tergambar arah pembangunan TNI ke depan, termasuk AL. Itu yang tidak ada dalam buku serupa 2003. Komentar lain? Nanti saja, kurang etis kalau saya komentari sementara bukunya belum diterbitkan secara resmi. Sebenarnya saya sudah siapkan naskah tertulis menyangkut komentar itu, tapi rencana akan dipublikasikan di media cetak setelah Buku Putih terbit.
Apakah bulan Mei 2008 akan terbit??? Wallahu alam...

1 komentar:

gugi mengatakan...

Yaaa begitulah adanya mau segera diterbitkan penanggung jawab teknis isinya sudah pindah, persiapan dululah dengan penggantinya.

Tapi tanpa bermaksud menyangsikan isinya, nampaknya harus dipertanyakan dari mana data penulisan Buku Putih itu. Saya khawatir data dan info yang dipakai adalah data/ info katanya. Betapa tidak? pengampu serap info yang merupakan ujung tombaknya yang disebut PTF Dephan di daerah tidak memiliki kapabilitas alias mandul dalam menyerap info. Di sinilah kemudian akibat data dan infonya dari orang lain tidak dari dalam sendiri, sangat dipertanyakan totalitas Dephan dalam menyusun Buku Putih. Coba saja diukur berapa kontribusi fungsi direktorat jenderalnya dalam menyusun Buku Putih?