29 November 2009

Penentuan Lokasi Pangkalan

All hands,
Selama ini masalah penentuan lokasi pangkalan militer diserahkan sepenuhnya kepada institusi militer. Departemen Pertahanan terkesan tidak mau turut terlibat, padahal masalah pangkalan terkait dengan strategi pertahanan. Penggelaran pangkalan harus disesuaikan dengan strategi pertahanan yang sekarang dianut.
Masalahnya adalah hingga kini belum jelas wilayah mana saja yang harus mendapat prioritas dalam penyelenggaraan pertahanan. Departemen Pertahanan nampaknya tidak memberikan arahan kepada militer negeri ini soal itu, sehingga wajar apabila militer negeri ini memberikan prioritas yang sama terhadap semua pangkalan di pelosok negeri.
Ke depan, sebaiknya Departemen Pertahanan turut terlibat dalam penentuan lokasi pangkalan bagi militer. Tidak semua aspirasi dari militer soal lokasi pangkalan baru harus disetujui. Sebab semua harus mengacu pada strategi pertahanan.
Kalau strategi pertahanan yang dianut sekarang dianggap bermasalah, artinya strategi tersebut harus diperbaiki dulu. Baru kemudian Departemen Pertahanan dapat terlibat aktif dalam penentuan pangkalan militer. Sebab pembangunan pangkalan militer selain terkait dengan strategi pertahanan, juga mempunyai relevansi dengan ketersediaan anggaran pertahanan.

Tidak ada komentar: