09 Februari 2010

Lanjutan Pengadaan Kapal Selam

All hands,
Mengacu pada Renstra 2010-2014, kekuatan laut Indonesia direncanakan akan mengadakan kapal selam baru. Program ini sebenarnya merupakan kelanjutan dari renstra sebelumnya yang gagal karena tidak adanya kemauan politik pemerintah yang kuat. Setidaknya ada pertanyaan menarik, yaitu kapan pembelian kapal selam tersebut akan ditandatangi kontraknya dan kelas apa yang dipilih?
Mengenai waktu penandatanganan kontrak tergantung pada hasil perundingan antara calon konsumen dengan pabrikan dan tentu saja ketersediaan anggaran dari pemerintah Indonesia yang dialokasikan bagi pembelian kapal selam tersebut. Adapun tentang kelas kapal selam yang dipilih dipastikan lebih maju daripada kapal selam yang sekarang dioperasikan oleh Angkatan Laut. Jenis kapal selam yang dipilih merupakan loncatan teknologi dan secara teknis mampu menyaingi kapal selam milik negara pelindung koruptor asal Indonesia maupun Negeri Tukang Klaim. Namun hampir dapat dipastikan tidak akan terjadi “penyesuaian teknologi” dalam urusan pemeliharaan kapal selam tersebut, sebab ada benang merah dengan kapal selam yang kini memperkuat satuan kapal selam Indonesia.
Masalah yang krusial dalam pengadaan kapal selam terbaru adalah anggaran. Sebab harga kapal selam itu tidak murah, namun sebenarnya seimbang dengan teknologi yang disandangnya. Dengan demikian, harus ada penyesuaian anggaran pengadaan kapal selam dan para pejabat di Lapangan Banteng diharapkan tidak pelit mengucurkan kebutuhan dana tersebut sebagaimana mereka dengan senang hati mengucurkan uang untuk menyelamatkan satu bank kecil di republik ini.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Apakah ada justifikasi terhadap klaim Anda bahwa "hampir dapat dipastikan tidak akan terjadi “penyesuaian teknologi” dalam urusan pemeliharaan kapal selam tersebut, sebab ada benang merah dengan kapal selam yang kini memperkuat satuan kapal selam Indonesia"? Ini mengingat masih serunya perdebatan tentang KS apa yang akan dipilih oleh RI.

Allhands mengatakan...

Lihat saja nanti...