21 April 2009

Pengoperasian Kapal Induk Di Indonesia

All hands,
Pertanyaan yang sering muncul soal kapal induk di Indonesia adalah apakah cocok mengoperasikan kapal induk? Jawaban atas pertanyaan itu tidak satu, tetapi minimal dua. Pertama jawaban dari aspek operasional, kedua jawaban dari aspek logistik, tepatnya kemampuan anggaran.
Untuk aspek operasional, menurut hemat saya kapal induk layak dioperasikan oleh AL kita. Bukan saja di wilayah perairan Nusantara, tetapi kapal itu juga bisa diproyeksikan ke kawasan Asia Tenggara untuk mendukung kepentingan nasional negeri ini. Nyaris semua perairan Indonesia bisa dilayari oleh kapal induk.Kapal induk juga penting untuk menjadi payung udara AL kita, sebab kita tidak bergantung lagi pada payung udara dari AU yang pesawat udaranya mempunyai endurance yang terbatas.
Prestise AL Indonesia akan meningkatkan dengan mengoperasikan kapal induk, karena karakteristik kapal induk yang mampu untuk diproyeksikan ke luar wilayah kedaulatan. Minimal kapal itu bisa diproyeksikan sekitar 5.000 km dari wilayah kita. Namun untuk bisa mengoperasikan kapal induk, harus mengacu pada aspek kedua yaitu dukungan logistik. Kata kuncinya adalah kemampuan anggaran untuk mendukung operational cost. Soal ini sudah dibahas di tulisan sebelumnya.

Tidak ada komentar: