21 September 2010

Memastikan Kesiapan Operasional

All hands,
Dalam aspek operasional Angkatan Laut, salah satu hal yang harus selalu dicermati adalah kesiapan operasional Angkatan Laut di sekitar. Sejauh mana kesiapan operasional Angkatan Laut negara X, Y dan Z bulan ini? Meskipun negara X mempunyai sekian kapal kombatan dalam armadanya, tetapi dapat dipastikan tidak semua kapal itu siap operasional. Sebagian dari kapal tersebut harus menjalani fase pemeliharaan rutin. Berapa lama pemeliharaannya, tergantung pada kesiapan suku cadang, tingkat kerusakan yang dihadapi, kinerja galangan kapal dan lain sebagainya.
Hal-hal seperti itu secara teoritis harus didalami. Untuk mendalaminya, dibutuhkan tenaga khusus yang mempunyai spesialisasi soal tersebut pada satu sisi dan memiliki jam terbang yang tinggi dalam bidang itu di sisi lain. Sebenarnya dari aspek teoritis masalah ini merupakan tugas pokok intelijen maritim Angkatan Laut. Namun dalam prakteknya tidak mudah karena berbagai hal.
Apabila kita mengetahui tingkat kesiapan operasional Angkatan Laut di sekitar Indonesia, hal itu dapat membantu menyusun rencana gelar kekuatan di laut. Misalnya di perairan M dibutuhkan kehadiran unsur kapal perang, maka dapat ditarik dari perairan O yang menurut analisis tidak rawan karena tingkat kehadiran kapal perang negara tertentu sedang menurun karena hal teknis.
Soal ini sepertinya masih menjadi pekerjaan rumah bagi Indonesia. Singapura dan Australia sudah mempunyai personel yang spesialis dalam "mengintip" kesiapan kapal perang Angkatan Laut di sekitarnya.

Tidak ada komentar: