05 Juni 2010

Naval Operations Concept 2010

All hands,
Pada akhir Mei 2010 Angkatan Laut Amerika Serikat menerbitkan Naval Operations Concept 2010. Terakhir kali kekuatan laut Uwak Sam menerbitkan dokumen serupa pada 2006. Dibandingkan dengan Naval Operations Concept 2006, Naval Operations Concept 2010 memiliki beberapa perbedaan signifikan.
Pertama, aktor yang tercakup dalam Naval Operations Concept. Naval Operations Concept 2010 melibatkan tiga pihak yaitu U.S. Navy, U.S. Marine Corps dan U.S. Coast Guard. Dalam dokumen serupa yang diterbitkan 2006, yang terlibat cuma aktor yang berada di bawah Departemen Angkatan Laut, yaitu U.S. Navy dan U.S. Marine Corps.
Kedua, acuan Naval Operations Concept. Sangat jelas tampak bahwa A Cooperative Strategy for 21st Century Seapower yang diterbitkan pada Oktober 2007 mewarnai konsep operasi dalam Naval Operations Concept 2010. Kemampuan inti Angkatan Laut Amerika Serikat yaitu forward presence, maritime security, humanitarian assistance and disaster relief, sea control, power projection dan deterrence merupakan fokus dalam konsep operasi Angkatan Laut terbaru.
Apa pelajaran yang bisa ditarik dari situ? Pertama, Angkatan Laut Amerika Serikat taat hirarki. Semua kebijakan tentang Angkatan Laut selalu mengacu pada kebijakan yang lebih tinggi. Naval Operations Concept 2010 selain mengacu pada A Cooperative Strategy for 21st Century Seapower, juga merujuk pada strategi maritim dan strategi keamanan nasional.
Kedua, kontinuitas kebijakan. Sebagian dari acuan Naval Operation Concept 2010 merujuk pada kebijakan yang dilahirkan oleh administrasi George W. Bush. Hal itu menandakan bahwa meskipun rezim di Gedung Putih berganti, selalu ada kontinuitas kebijakan menyangkut keamanan nasional, termasuk Angkatan Laut di dalamnya. Siapa pun yang menjadi orang nomor satu yang wajib dilindungi oleh U.S. Secret Service, kepentingan nasional Amerika Serikat akan terus dikedepankan.

Tidak ada komentar: