27 Agustus 2008

Aspirasi Geopolitik Australia

All hands,
Kerjasama antar negara, termasuk dalam bidang keamanan, merupakan suatu keniscayaan. Apalagi saat ini terdapat interdependensi keamanan antar negara. Cuma masalahnya, sebelum melangkah ke situ, kita perlu pahami dulu apa aspirasi geopolitik calon negara mitra kerjasama kita.
Begitu pula dengan Australia. Kita harus paham bahwa Australia itu mempunyai aspirasi geopolitik untuk menjadi kekuatan regional di kawasan Asia Pasifik. Kaitannya dengan Indonesia, Australia ingin Indonesia ada di bawah kendali dia dan nggak macam-macam. Salah satu wilayah yang sangat vital bagi hidup matinya Australia adalah perairan Indonesia Timur dengan ALKI II dan III.
Australia ingin kawasan Indonesia Timur berada dalam sphere of influence-nya dia, bukan sphere of influence-nya Indonesia. Contohnya banyak, seperti porsi terbesar bantuan AusAid itu ke kawasan Indonesia Timur. Begitu pula pemberian beasiswa dari Australia, setengah dari jumlah kuota buat pelamar dari Indonesia Timur.
Dalam konteks dengan kepentingan maritim, dia ingin semua ancaman keamanan maritim menuju wilayah dia sudah dipatahkan dari wilayah Indonesia. Dia juga berkepentingan ALKI II dan III tetap terbuka dan tanpa gangguan. Segala cara akan dia tempuh untuk jamin kedua ALKI terbuka.
Sehubungan dengan adanya keinginan kita realisasikan kerjasama keamanan maritim melalui koneksi jaringan radar maritim dengan Australian Northern Command, pertanyaan yang mendasar adalah apakah para arsitek kerjasama itu paham akan aspirasi geopolitik Australia?

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Contohnya banyak, seperti porsi terbesar bantuan AusAid itu ke kawasan Indonesia Timur -----> does it remind u 2 someone? hehehe