07 November 2008

Memahami Makna Kerahasiaan

All hands,
Kerahasiaan merupakan unsur vital dalam operasi militer, termasuk operasi Angkatan Laut. Namun dalam kondisi kekinian, seringkali kita salah memahami arti kerahasian. Kerahasiaan masa kini bukan lagi pada berapa jumlah kapal perang yang kita punya, apa saja persenjataan, apa jenis radar dan sonarnya, berapa kecepatan maksimum dan ekonomis, apa jenis dan merek mesin pendorong pokok dan lain sebagainya. Semua itu sudah tidak bisa dirahasiakan, karena dapat dengan mudah dijumpai di Jane’s Fighting Ship yang dimutakhirkan setiap tahun.
Kerahasiaan bukan pula terletak pada di mana unsur-unsur kapal perang kita saat ini berada, karena selain dapat dilacak menggunakan gelombang elektromagnetik (pancaran radar dan radio kita), juga bisa diketahui melalui satelit mata-mata dan bahkan satelit komersial. Lalu di mana letak kerahasiaan yang harus dijaga?
Menurut pendapat saya, kerahasiaan yang harus dijaga di antaranya adalah rencana operasi. Inilah yang dijaga ketat jangan sampai bocor. Rencana operasi itu vital sekali, karena apabila lawan tahu rencana operasi kita, maka mereka akan menyiapkan counter. Kebocoran rencana operasi bukan saja dari pengkhianatan orang dalam, tapi juga sangat mungkin saat dipancarkan melalui radio ke satuan-satuan operasi. Seperti kita ketahui, sangat mungkin pihak lain bisa membuka sandi kita, terlebih ketika mereka tahu mesin sandi apa yang kita gunakan.
Dengan tahu mesin sandi yang kita gunakan, mereka bisa mempelajari mesin itu dan mengeksploitasi kemungkinan-kemungkinan perubahan dalam mesin sandi itu. Karena isi mesin sandi bagian dari penerapan matematika, probabilitas terbukanya sandi kita melalui eksploitasi mesin sandi sangat terbuka.
Dan itu nggak akan meleset. Kalau kunci sandi kita baru bisa dipecahkan beberapa bulan setelah operasi, nggak masalah. Yang jadi masalah adalah kalau sandi kita dapat dipecahkan saat itu juga.
Sampai saat ini, bagi Angkatan Laut negara-negara berkembang, penggunaan morse masih cukup luas. Bahkan ada keyakinan bahwa mesin morse masih bisa lebih diandalkan daripada mesin sandi. Walaupun pancaran morse masih bisa disadap, tetapi sepanjang ahli sandi bisa bikin sandi yang rumit, sandi itu perlu waktu untuk dibuka.
Harap kita ingat, di Australia berdiri pusat eavesdropping UKUSA (UK-USA) yang kerjanya sadap dan buka sandi. Pusat eavesdropping itu merupakan bagian dari U.S. National Security Agency yang bermarkas di Fort Meade, Maryland. Waktu kasus Timor Timur 1999, mereka sibuk sadap semua perangkat komunikasi militer Indonesia, termasuk pancaran satelit Palapa yang dipakai oleh militer Indonesia.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Mohon Izin kasih komentar
selamat siang
dengan kemajuan teknologi dan semakin canggihnya komputer apakah Dephan tidak bisa mengajak PT.LEN,ITB,ITS unyuk membuat program sandi dengan mandiri saya rasa lebih sulit bagi mereka untuk pecahkan kode kita, paling tidak meraka butuh waktu yg lama,
sekian
terimakasih komandan

ttd

seeker