07 September 2009

Join The Navy And See The World

All hands,
Slogan Join The Navy and See The World suatu tidak asing lagi bagi siapapun yang berada di domain Angkatan Laut di mana pun. Tentu menjadi menarik mengapa slogan itu begitu unik. Sebagai perbandingan, slogan untuk menarik kalangan muda bergabung dengan Angkatan Darat biasanya cuma berbunyi Join The Army and Change Your Life.
Slogan ajakan untuk bergabung dengan Angkatan Laut yang bunyinya unik itu tidak lepas dari karakteristik Angkatan Laut, dalam hal ini sistem senjatanya yaitu kapal perang. Berbeda dengan angkatan lainnya, kapal perang mempunyai kemampuan untuk melaksanakan proyeksi kekuatan, baik di masa damai maupun di masa perang. Dengan proyeksi kekuatan ke luar wilayah negara induk, berarti Angkatan Laut telah berinteraksi dengan masyarakat internasional dari berbagai latar belakang negara, budaya, agama dan lain sebagainya.
Itulah salah satu alasan mengapa slogan ajakan bergabung dengan Angkatan Laut ada frase See The World. Angkatan Laut akan selalu berinteraksi dengan pihak asing, baik sesama Angkatan Laut maupun bagian masyarakat lainnya. Oleh karena itu, Angkatan Laut mempunyai peran yang tidak dimiliki oleh kecabangan militer lainnya, yaitu diplomasi.
Bagi personel Angkatan Laut negara-negara maju, kesempatan mereka untuk (to) see the world setelah join the Navy sangat terbuka lebar. Sebab kebijakan politik luar negeri dan pertahanan mereka sangat kondusif bagi proyeksi kekuatan Angkatan Laut. Situasi berbeda dihadapi oleh Angkatan Laut negara-negara berkembang, yang mana peluang untuk (to) see the world lebih sedikit. Sebab sebagian besar dari Angkatan Laut itu tidak memproyeksikan kekuatannya secara rutin, kecuali bersifat situasional.
Namun kondisi tersebut hendaknya tidak menurunkan minat para pemuda untuk bergabung di Angkatan Laut, khususnya di Indonesia. Upaya untuk (to) see the world dengan frekuensi yang lebih tinggi daripada saat ini di Indonesia harus didukung oleh pemerintah, yaitu melalui modernisasi kekuatan Angkatan Laut.

1 komentar:

dewa mengatakan...

gimana kalo slogan yg ginian "join the army and see excotic places then kill their people"

hehehe...