16 Juli 2010

Miniatur Kapal Perang

All hands,
Di negeri yang dengan bangga memproklamasikan dirinya sebagai negara kepulauan ini, sangat sulit untuk menemukan koleksi miniatur kapal perang. Khususnya kapal perang yang pernah dan tengah dioperasikan oleh Angkatan Laut Indonesia. Miniatur yang ada biasanya hanya bisa ditemukan di pendirian darat Angkatan Laut tertentu, seperti Markas Besar Angkatan Laut. Itu pun pemberian dari produsen kapal perang dan dapat dipastikan dibuat di luar negeri. Di dalam negeri, sepengetahuan saya, belum ada pihak yang menekuni pembuatan miniatur kapal perang.
Bandingkan misalnya dengan miniatur pesawat udara, baik pesawat sipil maupun pesawat militer. Tidak sulit bagi kita untuk memesan miniatur berbagai jenis pesawat udara yang dioperasikan oleh Angkatan Laut negeri ini, sebab perajinnya sudah ada di beberapa kota di Pulau Jawa. Tetapi tidak demikian halnya dengan miniatur kapal perang.
Kondisi tersebut merupakan gambaran kecil betapa kecintaan terhadap dunia maritim masih menjadi barang mewah di Indonesia. Kecintaaan terhadap dunia maritim tidak selalu identik dengan Angkatan Laut, dapat pula lewat dunia seni dan lain sebagainya. Justru dunia seni merupakan media yang ampuh untuk membangun kecintaan itu, karena tanpa sadar akan merasuki jiwa penikmatnya. Termasuk pula dengan miniatur kapal perang, sangat mungkin akan menarik minat generasi muda yang baru tumbuh untuk tahu, peduli dan cinta terhadap dunia maritim sebagai identitas dan karakter bangsanya.

1 komentar:

miniatur kapal mengatakan...

memang keberadaan koleksi miniatur kapal jenis ini di indonesia masih sangat sedikit, sebagai bangsa bahari sudah selayaknya kita mengenal peralatan pertahanan bahari kita.