10 Agustus 2010

Ambisi Regional Dan Kekuatan Amfibi

All hands,
Setiap negara yang mempunyai ambisi regional harus didukung oleh kekuatan Angkatan Laut yang memadai. Tanpa kekuatan laut yang memadai, ambisi regional tersebut hanya sekedar ambisi. Kekuatan laut yang memadai antara lain didukung oleh ketersediaan kapal amfibi serbaguna untuk kepentingan proyeksi kekuatan ke kawasan. Proyeksi kekuatan yang dilakukan bisa saja berbentuk intervensi militer, boleh pula berupa kunjungan, dapat pula berupa keterlibatan dalam misi HADR.
Kekuatan amfibi suatu Angkatan Laut dapat dijadikan salah satu tolak ukur kemampuan nyata atas ambisi regional suatu negara. Bila suatu negara memiliki ambisi regional, tetapi tidak didukung oleh armada kapal amfibi yang memadai, maka ambisi itu hanya sekedar ambisi tanpa mampu membuktikannya. Sebab meskipun ambisi itu dikasih bingkai soft power, tetap saja pelaksanaan soft power memerlukan instrumen hard power, di antaranya adalah kekuatan Angkatan Laut.
India sekarang tengah merencanakan modernisasi kapal amfibi guna mendukung ambisi regionalnya. Kehadiran kapal amfibi dalam sususan tempur Angkatan Laut India sangat masuk akal, sebab eksistensi kapal induk bukan segalanya. Meskipun bisa melaksanakan operasi amfibim, tetapi kemampuan kapal induk terbatas. Misalnya dalam hal embarkasi dan debarkasi peralatan tempur semacam tank amfibi, meriam, pasukan pendarat dan lain sebagainya.
Kesibukan India mencari kapal amfibi baru membuktikan keseriusan pemerintahan di New Delhi untuk menjadikan Samudera India sebagai wilayah pengaruhnya. Kondisi di New Delhi seolah terbalik dengan situasi di Jakarta, di mana pemerintah Indonesia yang sebenarnya juga mempunyai ambisi regional tidak terlalu memberikan perhatikan yang proporsional terhadap Angkatan Lautnya, termasuk eksistensi kapal amfibi. Meskipun kapal amfibi serbaguna telah mampu dibuat oleh galangan perkapalan nasional, mestinya pemerintah Indonesia sebagai pemegang saham mayoritas perusahaan tersebut menekan galangan kapal itu. Tekanan harus diberikan antara lain menyangkut ketepatan penyerahan produk dan jaminan kualitas produk.
India dalam rangka mencari kapal amfibi baru mengandalkan pada galangan perkapalan dalam negerinya. Ada sejumlah keuntungan dari hal tersebut, antara lain suatu saat nanti kapal itu akan dipamerkan sebagai salah satu simbol penguasaan teknologi perkapalan India ketika kapal tersebut diproyeksikan ke luar negeri untuk mendukung ambisi regionalnya. Pemikiran seperti itu nampaknya belum ada dalam pemikiran para pengambil keputusan di Jakarta dan industriawan perkapalan di Surabaya, sehingga produk yang dihasilkan seringkali kurang memenuhi harapan pemakai.

1 komentar:

Lutfi mengatakan...

Setuju...... !!!!!!!
hidup TNI !!!!!!