09 November 2010

Perpanjangan Usia Pakai Kapal Selam

All hands,
Perpanjangan usia pakai merupakan salah satu cara untuk mengurangi terjadinya perubahan yang drastis dalam struktur kekuatan apabila sistem senjata pengganti belum masuk ke dalam susunan tempur. Perpanjangan usia pakai juga biasa ditempuh oleh negara-negara maju ketika ada penurunan anggaran pertahanan. Sebagai ilustrasi, kini banyak negara-negara Eropa yang melaksanakan program perpanjangan usia pakai pada berbagai sistem senjatanya menyusul krisis ekonomi yang melanda kawasan itu dan hingga sekarang dampaknya masih terasa.
Bagi kapal selam, perpanjangan usia pakai pun dikenal luas. Namun demikian, ada satu hal yang perlu dipelajari dengan seksama ketika hendak menempuh program ini. Yakni menyangkut daur hidup pressure hull-nya. Pressure hull itu selalu mengalami tekanan yang luar biasa selama kapal selam berdinasi, khususnya ketika menyelam. Oleh karena itu, secara umum daur hidup pressure hull pada kapal selam lebih pendek dibandingkan hull pada kapal permukaan.
Singkatnya, merupakan sebuah keharusan bagi setiap Angkatan Laut yang mengoperasikan kapal selam untuk memodernisasi armadanya secara berkala. Perpanjangan usia pakai hanya bisa efektif dan optimal untuk jangka waktu tertentu saja.

Tidak ada komentar: