07 Februari 2011

Partisipasi Dalam Latihan Angkatan Laut Multinasional

All hands,
Kekuatan laut Indonesia dalam Februari 2011 akan berpartisipasi dalam AMAN Exercise yang digelar oleh Angkatan Laut Pakistan dengan menyebarkan sebuah kapal perang. AMAN Exercise merupakan latihan Angkatan Laut multinasional yang diselenggarakan oleh Pakistan. Sebagian peserta latihan adalah Angkatan Laut negara-negara NATO yang tengah menggelar operasi di Samudera India, Laut Arab dan Teluk Persia. Partisipasi kekuatan laut Indonesia dalam AMAN Exercise adalah yang pertama kalinya.
Dalam kondisi saat ini, sebaiknya memang kekuatan laut Indonesia aktif berpartisipasi dalam latihan Angkatan Laut multinasional. Sebab interaksi itu akan membantu meningkatkan keterampilan personel Angkatan Laut dalam mengawaki sistem senjatanya. Dengan kondisi internal saat ini yang diwarnai oleh ketidakmerataan kesiapan sistem senjata, berpartisipasi dalam latihan multinasional merupakan pilihan cerdas dan bagus.
Melalui latihan itu, bisa diukur kemampuan Angkatan Laut negeri ini sekarang. Apabila ada kemampuan yang tertinggal dibandingkan Angkatan Laut negara lain, perlu dievaluasi seberapa jauh ketertinggalannya. Faktor apa saja yang menyebabkan hal itu terjadi. Bagaimanapun, awak kapal perang harus senantiasa berlatih untuk mempertahankan dan meningkatkan kemampuannya.
Selain AMAN Exercise, Indonesia juga terlibat dalam COBRA GOLD dan RIMPAC. Kedua latihan terakhir juga merupakan latihan Angkatan Laut multinasional. Ke depan, perlu dikaji kemungkinan Indonesia untuk menyebarkan pula kapal perangnya dalam dua latihan terakhir. Latihan-latihan demikian merupakan kesempatan emas bagi Angkatan Laut Indonesia untuk mengukur diri. Kekurangan yang ada menjadi pekerjaan rumah untuk diperbaiki.

Tidak ada komentar: