04 Agustus 2010

Indonesia-Amerika Serikat: Cukup Sebatas Mitra?

All hands,
Dari lima negara pendiri ASEAN, Indonesia termasuk golongan minoritas dalam hubungannya dengan Amerika Serikat. Status hubungan Jakarta dengan Washington diklasifikasikan oleh Washington sebagai mitra. Sementara dua negara ASEAN lainnya yaitu Filipina dan Thailand berstatus sebagai sekutu, adapun negeri penampung koruptor dan uang haram asal Indonesia dikelompokkkan sebagai teman. Adapun Indonesia, bersama Negeri Tukang Klaim, cuma berstatus sebagai mitra.
Dalam konteks militer, status mitra sangat mempengaruhi kerjasama yang terjalin antara Jakarta dengan Washington. Karena cuma berstatus sebagai mitra, maka kerjasama militer yang terjalin cukup rawan. Embargo bisa dengan gampang dijatuhkan, sementara hal itu sulit untuk dilakukan terhadap negara yang digolongkan sebagai sekutu. Lihat ketika pemerintahan Perdana Menteri Abhisit Vejajiva di Bangkok menggunakan kekuatan militer untuk menindaskan demonstrasi anti pemerintahan, Washington dengan mantap menyatakan tidak akan mengurangi atau menurunkan kerjasama militernya dengan Bangkok.
Oleh karena itu, cukupkah sekedar berstatus sebagai mitra Washington? Dalam hubungan dengan Washington, yang dibutuhkan adalah kecerdasan dalam mengimbangi manuvernya. Hanya dengan kecerdasan itu maka harga diri suatu negara tidak tergadaikan dan negara itu juga tidak terkesan mengemis-ngemis. Kata kunci dari kerjasama itu adalah kesetaraan dan saling menguntungkan.
Untuk bisa setara dan saling menguntungkan, sesungguhnya Jakarta punya banyak kartu truf untuk mengimbangi Washington. Selama ini kartu truf itu belum digunakan dengan benar. Karena tidak digunakan dengan benar, makanya posisi Jakarta terkesan subordinasi dari Washington dalam kerjasama yang terjalin.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

salam..

Atas dasar apa kesemua kerjasama ini dibuat sedangkan MALINDO hanya pada status mitra?

1. Pohon huraikan kerjasama latihan NAVY SEALS dengan DENJAKA dan PASKAL.

2. Pohon huraikan penyertaan MALINDO dalam Eksesais Gold Cobra.

3. Pohon huraikan latihan US kepada Pasukan Anti Teror, Detacment 88, Indonesia.

4. Pohon huraikan Eksesais CARAT Malaysia dan US.

Pada pendapat saya, tiadanya hubungan diplomatik dengan Israel adalah salah satu puncanya.