13 Januari 2010

Strategi Kerjasama Pertahanan Indonesia-Amerika Serikat

All hands,
Sejak kemarin di Jakarta berlangsung pertemuan tahunan USIDBDD. USIDBDD merupakan wadah pertemuan tahunan antara militer kedua negara membahas kerjasama yang telah, tengah dan akan dilaksanakan. Terkait dengan hal itu, satu isu krusial yang seharusnya diperhatikan oleh Indonesia adalah strategi kerjasama.
Selama ini ada beberapa kerjasama yang telah terjalin antara Jakarta-Washington, khususnya di bidang operasi dan latihan dan personel. Namun demikian, dari sisi Indonesia sepertinya negeri ini belum merumuskan strategi kerjasama apa yang harus digunakan. Akibatnya, tidak jarang kerjasama yang dilaksanakan kurang berdampak signifikan dari sisi kepentingan Indonesia.
Atau dengan kata lain, kerjasama yang dijalin lebih banyak berada dalam bingkai kepentingan Washington daripada Jakarta.Kerjasama dengan Amerika Serikat hendaknya tidak terjebak pada pola yang sudah ada selama ini, tetapi harus berani melakukan teroboson baru yang bingkainya berada dalam kepentingan Indonesia.
Berdiskusi soal kerjasama pertahanan yang dilaksanakan oleh Indonesia, masalah mendasarnya adalah negeri ini tidak mempunyai strategi kerjasama. Bandingkan dengan India yang dalam kerjasama pertahanan dengan tiap negara, dia sudah merumuskan strateginya. Dengan adanya strategi, berarti ends yang ingin dicapai jelas, begitu pula means-nya juga terdefinisikan, tak ketinggalan juga ways-nya nyata.

Tidak ada komentar: