14 Januari 2010

Tantangan Keamanan Maritim Masa Kini

All hands,
Secara garis besar, terdapat dua tantangan besar yang kini dihadapi oleh Angkatan Laut di berbagai negara. Yakni secure the use of the sea and littorals dan deny the use of sea by non-stately actors. Itulah alasan mengapa beberapa Angkatan Laut dunia menyebarkan kekuatannya di perairan Somalia, Laut Merah dan Teluk Persia.
Bagi Indonesia, tantangan yang dihadapi juga demikian. Masalah secure the use of the sea and littorals merupakan tantangan besar bagi Indonesia, sebab negeri ini merupakan negara kepulauan. Artinya, Indonesia mempunyai sangat banyak wilayah littoral yang mana pihak asing juga berkepentingan atas keamanan di situ. Celakanya, ada preseden di masa lalu bahwa sejumlah konflik internal Indonesia justru terjadi di wilayah littoral.
Dengan demikian, mengamankan wilayah littoral harus dilihat secara luas oleh semua pihak. Menjadi tugas pokok dan kewajiban Angkatan Laut untuk mengamankan situasi keamanan maritim di kawasan littoral. Sementara pihak lain seperti pemerintah daerah yang terletak di wilayah littoral wajib menjaga keamanan wilayahnya agar tidak muncul konflik yang mempengaruhi kualitas keamanan maritim secara keseluruhan.
Isu yang terakhir ini nampaknya belum dipahami semua pihak di Indonesia. Selama ini persepsi yang ada bahwa masalah keamanan maritim adalah Angkatan Laut. Persepsi demikian memang benar, namun harus dilihat pula bahwa apa yang terjadi di laut seringkali dipengaruhi oleh situasi di daratan. Itulah yang terjadi di perairan Somalia sekarang.

Tidak ada komentar: