17 Mei 2009

Australia Dan Konstelasi Geopolitik Kawasan

All hands,
Kecenderungan kebijakan pertahanan Australia dalam Defending Australia In The Asia Pacific Century: Force 2030 yang memperkuat kemampuan peperangan bawah air, nampaknya cenderung diarahkan untuk menetralisasi kebangkitan militer Cina. Artinya kebijakan itu beyond pembangunan kekuatan militer Indonesia secara khusus. Tersurat dengan jelas bahwa negeri itu memberikan perhatian mendalam terhadap pembangunan kekuatan militer Cina.
Terkait dengan situasi itu, Australia sejak beberapa tahun terakhir merapatkan barisan bersama dengan Amerika Serikat, Jepang dan India. Seperti partisipasi negara-negara itu dalam Latihan MALABAR yang sebenarnya merupakan latihan bilateral Angkatan Laut India dengan Amerika Serikat. Mudah ditebak bahwa semua itu ditujukan untuk membendung kebangkitan militer Cina.
Dihadapkan pada kondisi demikian, Indonesia yang secara geografis berada di tengah-tengah negara-negara tersebut seperti berada pada posisi terjepit. Situasi ini secara langsung maupun tidak langsung akan berpengaruh terhadap kepentingan nasional Indonesia, termasuk di bidang pertahanan. Merespon kondisi demikian, harus ada terobosan diplomatik dan pertahanan agar negeri ini tidak menjadi korban di tengah pertarungan gajah-gajah.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

hmm, saya awam dalam masalah pertahanan ini, tapi dengan adanya blog ini membantu saya memahami masalah pertahanan keamanan khususnya bagi RI. saya rutin mengikuti. tulisan-tulisannya menarik dan smartly written. keep blogging.
-luthfiuai-