21 Juni 2010

Angkatan Laut Kelas Dunia

All hands,
Angkatan Laut yang dikategorikan kelas dunia bukan Angkatan Laut dengan sistem senjata paling banyak secara kuantitatif dan paling canggih dan modern teknologinya secara kualitatif. Angkatan Laut kelas dunia adalah Angkatan Laut yang dipersenjatai secara memadai sesuai dengan visi politik negara pemiliknya, mengadopsi teknologi canggih dan modern (teknologi yang baru pada suatu dekade), mampu beroperasi secara interoperability dengan negara-negara lain dengan parameter yang jelas dan mempunyai personel dengan kualifikasi yang setara dengan Angkatan Laut modern lainnya.
Berangkat dari definisi itu, Angkatan Laut kelas dunia tidak selalu didominasi oleh Angkatan Laut Amerika Serikat saja. Selain Inggris, bahkan Angkatan Laut Singapura pun layak dikategorikan sebagai Angkatan Laut kelas dunia. Walaupun Angkatan Laut negeri penampung koruptor asal Indonesia itu kapal perangnya hanya disebar ke perairan tertentu di dunia dan tidak melanglang buana dengan petantang-petenteng layaknya kekuatan laut Uwak Sam.
Artinya, Angkatan Laut Indonesia pun tidak mustahil menjadi Angkatan Laut kelas dunia. Syaratnya adalah dukungan tidak setengah hati dari pemerintah terhadap pembangunan kekuatan Angkatan Laut dan pembenahan internal di dalam organisasi Angkatan Laut sendiri. Pembenahan internal itu termasuk peningkatan kualitas sumber daya manusia tanpa memandang strata kepangkatan, di samping rejuvenasi terhadap visi ke-Angkatan Laut-an.

Tidak ada komentar: