24 Oktober 2010

Iritasi Terhadap India

All hands,
Dalam sejarah India modern, terdapat dua Angkatan Laut yang mampu menimbulkan iritasi pada India. Pertama adalah Angkatan Laut Indonesia, sedangkan kedua adalah Angkatan Laut Amerika Serikat. Kapan dan mengapa kedua Angkatan Laut mampu menimbulkan iritasi terhadap Negeri Sungai Gangga?
Angkatan Laut Indonesia memunculkan iritasi kepada India ketika pecah Perang India-Pakistan Agustus 1965. Pemerintah Indonesia memutuskan menyebarkan satuan tugas yang terdiri dari kapal selam dan kapal permukaan ke Teluk Benggala pada September 1965 untuk menunjukkan dukungan kepada Pakistan sekaligus untuk men-deter India agar tidak menginvasi Pakistan Timur atau kini dikenal sebagai Bangladesh. Operasi yang digelar oleh gugus tugas itu secara tidak resmi dikenal sebagai Operasi Chittagong.
Angkatan Laut Amerika menimbulkan iritasi terhadap India saat pecah Perang India-Pakistan pada Desember 1971. Seperti halnya Jakarta pada Perang 1965, Washington dalam Perang 1971 juga menyebarkan gugus tugasnya ke Teluk Benggala yaitu kapal induk USS Enterprise (CNV-65). Sebagaimana sikap politik Jakarta, Washington juga berada pada pihak Islamabad dalam perang itu. Bedanya, dalam perang kali ini India yang mendukung kelompok separatis di Pakistan Timur mampu mencapai tujuannya yaitu memisahkan Pakistan Timur dari Pakistan sehingga menjadi negara sendiri yang kini dikenal sebagai Bangladesh.
Lalu apa pelajaran yang dapat ditarik dari dua kasus yang dialami India? Tentu saja terdapat banyak pelajaran yang dapat ditarik, misalnya kemampuan Angkatan Laut untuk mempengaruhi peristiwa yang tengah dan akan terjadi di daratan. Berikutnya, kekuatan Angkatan Laut dapat disebar kapan saja tanpa harus memasuki perairan teritorial negara lain. Selanjutnya, Angkatan Laut merupakan kekuatan yang efektif untuk disebarkan kapan saja dan dapat berlangsung dalam waktu lama.
Khusus bagi Indonesia masa kini, kemampuan Indonesia masa lalu merupakan tantangan sendiri. Apakah Indonesia masa kini yang kondisi ekonominya jauh lebih maju dibandingkan Indonesia masa lalu tidak mampu membangun kekuatan laut yang disegani di kawasan?

Tidak ada komentar: