05 Oktober 2010

Latihan Habu Nag 2010

All hands,
Kerjasama militer India-Amerika Serikat dalam tujuh tahun terakhir meningkat dengan pesat. Selain mulai tercatat sebagai konsumen sistem senjata buatan Amerika Serikat, India sekarang tercatat pula rajin menggelar latihan militer bersama dengan Amerika Serikat. Latihan-latihan itu dilaksanakan secara rutin, menggunakan berbagai macam skenario dan digelar pada lokasi yang selektif. Situasi demikian tak lepas dari pertimbangan politik kedua negara, sebab kerjasama militer berada dalam kerangka politik.
Di samping Latihan Malabar, latihan bersama yang rutin digelar oleh Washington dan New Delhi adalah Latihan Habu Nag. Apabila Latihan Malabar merupakan latihan tempur, maka Habu Nag adalah latihan HADR. Kedua ibukota telah melaksanakan Latihan Habu Nag sejak 2006 dengan jadwal rutin dua tahun sekali.
Pada 2010, Latihan Habu Nag mengambil tempat di perairan Laut Cina Timur di sekitar Okinawa. Seperti diketahui, Okinawa telah menjadi basis Angkatan Laut Amerika Serikat sejak akhir Perang Dunia Kedua. Pemilihan Okinawa sebagai tempat latihan militer India-Amerika Serikat sesungguhnya bukan hal baru, sebab pernah pula dilaksanakan beberapa tahun lalu.
Seperti telah dikemukakan sebelumnya, latihan militer yang merupakan bagian dari kerjasama militer antar negara tidak lepas dari kerangka politik. Latihan Habu Nag 2010 tak bisa semata-mata dipandang sebagai latihan militer an sich, tetapi harus dipandang dalam persaingan geopolitik Amerika Serikat versus Cina. Pemilihan Okinawa yang berbatasan dengan Laut Cina Timur tentu saja memiliki pesan politik kepada Cina. Dapat diduga pula, seperti biasa kapal perang dan "kapal nelayan" Cina pasti memantau dari dekat latihan HADR India-Amerika Serikat.

Tidak ada komentar: