22 September 2008

EUROMARFOR Dan Gugus Tugas AL

All hands,
Dalam UNIFIL Maritime Task Force (UNIFIL MTF) di Lebanon, motor utamanya adalah EUROMARFOR. EUROMARFOR adalah Gugus Tugas Angkatan Laut negara-negara Eropa yang sejauh ini sifatnya non permanen. Negara-negara yang tergabung dalam EUROMARFOR antara lain Jerman, Prancis, Portugal, Belanda dan Italia.
Dalam penyebarannya, EUROMARFOR beroperasi di bawah pengawasan Uni Eropa. Namun Gugus Tugas ini dapat saja beroperasi bersama dengan NATO atau kekuatan lainnya. Di Lebanon sebagai contoh, dia beroperasi dalam UNIFIL MTF yang berada di bawah komando dan kendali PBB.
Terbentuknya EUROMARFOR tak lepas dari keinginan negara-negara Eropa untuk mengurangi ketergantungan keamanan terhadap Amerika Serikat. Selain itu, dalam perkembangannya antara hubungan Trans Atlantik, seringkali terjadi perbedaan pandangan mengenai bagaimana menangani isu-isu keamanan internasional antara Washington dengan negara-negara Eropa. Negara-negara Eropa seringkali kurang setuju dengan pendekatan Washington yang mengutamakan represif untuk menangani isu yang berkembang.
EUROMARFOR merupakan satu-satunya Gugus Tugas Angkatan Laut di dunia yang dibentuk oleh suatu organisasi kawasan non militer. Seperti kita ketahui, Uni Eropa itu berbeda dengan NATO. Menarik untuk dikaji apakah mungkin suatu saat negara-negara di Asia Tenggara membentuk suatu Gugus Tugas seperti itu. Pembentukan Gugus Tugas itu akan punya banyak konsekuensi, mulai dari komando dan kendali hingga logistik.

Tidak ada komentar: