07 September 2008

Forward Presence AL India

All hands,
Forward presence merupakan hal yang lumrah bagi AL. Sayangnya di Indonesia, khususnya di AL kita, forward presence belum dipahami dalam konteks yang sebenarnya. Forward presence sering diartikan bahwa unsur kita harus hadir di perairan di luar laut teritorial. Forward presence kadang kita artikan hadir di ZEE kita. Tapi untuk apa di sana?
Sebenarnya forward presence memiliki kaitan dengan kebijakan luar negeri. Forward presence bagian dari diplomasi AL. Forward presence dapat ditujukan kepada pihak tertentu, dapat pula ditujukan kepada siapa saja. Tergantung seberapa mampu kekuatan laut kita timbulkan effect-based.
Dalam konteks Indonesia, masih sulit untuk forward presence. Kesulitan utama bukan terletak pada keterbatasan sumber daya, khususnya alutsista, tetapi pada kebijakan luar negeri. Politik luar negeri kita ini nggak jelas mau kemana.
Beda dengan India. Aspirasinya jelas, ingin menjadi kekuatan dunia dan minimal jadi aktor utama di sekitar Samudera India. Oleh karena itu, forward presence AL India juga jelas tujuannya, begitu pula lokasinya. Forward presence AL India dimaksudkan untuk:
- Demonstrate India’s commitment to regional stability;
- Gain familiarity with overseas operational environments;
- Keep the area of interest under surveillance, and;
- Promote interoperability among the forces of friendly nations

Karena aspirasi politik luar negeri mereka jelas, pembangunan kekuatan AL-nya juga jelas. Kita karena aspirasinya juga nggak jelas, arah pembangunan AL juga penuh ketidakpastian.

Tidak ada komentar: