13 September 2008

Komitmen Terhadap Pertahanan

All hands,
Pemerintah Australia mempunyai komitmen yang sangat tinggi terhadap pembangunan kekuatan pertahanannya. Pemerintah Australia telah mencanangkan untuk meningkatkan pertumbuhan anggaran pertahanan menjadi 3 persen per tahun hingga 2017-2018. Hal itu merupakan kebijakan pemerintahan Perdana Menteri Kevin Rudd.
Bukti lain dari komitmen pemerintah Australia itu adalah mengecualikan anggaran pertahanan dari program efisiensi anggaran yang tengah dilaksanakan. Program efisiensi anggaran merupakan terminologi lain dari pemotongan anggaran.
Sangat berbeda dengan pemerintah Indonesia yang katanya selalu menempatkan kedaulatan sebagai prinsip dasar. Dengan kedaulatan sebagai prinsip dasar yang nggak bisa ditawar-tawar, yang dilakukan tahun ini adalah memotong anggaran pertahanan 10 persen dan tahun depan anggaran pertahanan turun dibandingkan tahun ini. Ironi sekali, padahal banyak pekerjaan rumah bagi Indonesia untuk benahi pertahanannya.
Nggak usah muluk-muluk pertahanankan SLOC yang berada di luar perairan Indonesia, mempertahankan SLOC yang berada di perairan Indonesia saja nggak ada komitmen. Atau setidak-tidaknya nggak jelas komitmennya.
Komitmen yang jelas dari pemerintah Indonesia adalah mempertahankan Republik Indonesia. Tapi implementasinya nggak jelas. Dengan kata lain, itu cuma komitmen di atas kertas, nggak direalisasikan ke alam nyata.
Kalau pemerintah Indonesia serius mau mempertahankan republik ini, mengapa mempertahankan SLOC nggak pernah masuk dalam agenda pemerintah. Untuk mempertahankan SLOC yang ada di wilayah perairan Indonesia, butuh pembangunan kekuatan laut yang capable. Sekarang apakah kita mengarah ke sana?

Tidak ada komentar: