16 September 2008

Armada AL Cina

All hands,
Kebanyakan dari kita belum mengenal banyak tentang Angkatan Laut Cina alias PLA Navy. Bandingkan dengan pengenalan kita terhadap AL negara-negara Barat, Rusia, maupun negara-negara Asia Pasifik. Kita tidak banyak paham soal doktrin, operasi, organisasi, personel Angkatan Laut Cina.
Contoh sederhana adalah armada Angkatan Laut. PLA Navy punya berapa armada sih? Jawabannya yaitu tiga armada, terdiri dari Armada Laut Utara, Armada Laut Timur dan Armada Laut Selatan. Armada Laut Utara berpangkalan di Qingdau, Armada Laut Timur berbasis di Dinghai, sedangkan Armada Laut Timur bermarkas di Zhan Jiang.
Kalau yang wilayah tanggung jawabnya Laut Cina Selatan, itu Armada Laut Selatan. Tapi unsur-unsur kapal perangnya bisa saja diperkuat oleh unsur-unsur dua armada lainnya. Kenapa saya singgung Laut Cina Selatan? Karena Indonesia masih punya masalah laten dengan Cina di situ.
Ada hal-hal lain yang menarik mengenai Angkatan Laut Cina. Misalnya organisasi mereka yang ikut organisasi AD. Jadi di PLA Navy itu nggak ada organisasi khas AL. Itu yang membedakannya dengan Angkatan Laut di negara-negara lain.
Misalnya di armada, untuk satuan kapal atas air mereka mengenal tiga level organisasi, yaitu Zhidui, Dadui dan Zhongdui. Zhidui itu setingkat divisi di AD, Dadui setingkat resimen di AD dan Zhongdui setingkat batalyon di AD. Untuk pembagian di satuan kapal selam juga begitu.

Tidak ada komentar: