07 September 2008

Fokus Operasi AL India

All hands,
Dalam Freedom to use the Seas: India’s Maritime Military Strategy disebutkan bahwa AL India mempunyai the areas of focused interest. Area itu terbagi dua, yaitu primary areas dan secondary areas. Primary areas yaitu Laut Arab dan Teluk Benggala, choke points di sekitar Samudera India (Selat Malaka, Selat Bab El Mandeb, Selat Hormuz dan Tanjung Harapan), Teluk Persia, negara-negara pulau di Samudera India dan jalur laut internasional yang melewati kawasan Samudera India.
Adapun secondary areas meliputi kawasan selatan Samudera India, Laut Merah, Laut Cina Selatan dan kawasan Asia Timur. Menurut pernyataan di strategi itu, kehadiran AL India saat ini difokuskan pada primary areas, karena pertimbangan ketersediaan sumber daya.
Berangkat dari situ, dapat diprediksi bahwa apabila The Indian Navy Vision 2022 sudah tercapai, antara lain mempunyai tiga kapal induk, sangat mungkin secondary areas saat ini akan menjadi primary areas pula. Saat ini wilayah-wilayah perairan yang ditetapkan termasuk secondary areas karena pertimbangan sumber daya AL India yang masih terbatas. Padahal sebenarnya aspirasi politik India adalah hadir di Laut Cina Selatan dan perairan Asia Timur untuk unjuk kekuatan terhadap bebuyutannya, Cina.
Bagi Indonesia, kita harus bersiap hadapi skenario itu. Tidak ada pilihan lain kecuali bangun AL. Kecuali kita masih mau terus untuk dilecehkan.

Tidak ada komentar: