21 Desember 2010

Operasi Militer Indonesia Dan Stabilitas Kawasan

All hands,
Kekuatan militer Indonesia setiap hari menggelar operasi meskipun dalam suasana damai. Operasi yang digelar ada dua jenis, yaitu operasi rutin dan operasi khusus. Yang dimaksud operasi khusus di sini berbeda dengan pemahaman di militer negara-negara maju, yaitu operasi yang menggunakan pasukan khusus. Operasi khusus dalam pemahaman militer Indonesia adalah operasi yang di luar operasi rutin, misalnya pengamanan wilayah tertentu karena ada ancaman keamanan dan lain sebagainya.
Ketiga matra dalam militer Indonesia senantiasa melaksanakan operasi setiap hari. Kalau melihat banyaknya jenis operasi, maka sulit dibantah bahwa Angkatan Laut mempunyai setidaknya 14 operasi yang digelar sekaligus dalam satu hari. Operasi tersebut antara lain menyangkut pengamanan perbatasan, pengamanan ALKI, operasi keamanan laut dan lain sebagainya. Adapun matra lainnya menggelar beberapa jenis operasi yang jumlahnya jauh lebih kecil daripada Angkatan Laut.
Dibandingkan dengan operasi yang digelar matra lain, operasi yang dilaksanakan oleh Angkatan Laut memiliki korelasi langsung dengan stabilitas kawasan. Sebab laut adalah bagian dari globalisasi, sehingga ancaman terhadap keamanan maritim berarti ancaman terhadap globalisasi dan sekaligus stabilitas kawasan. Berbeda misalnya dengan ancaman terhadap wilayah perbatasan darat yang tidak langsung terkait atau identik dengan ancaman terhadap globalisasi. Begitu pula ancaman yang berupa pelanggaran wilayah udara, misalnya pesawat terbang asing yang keluar dari jalur yang telah ditetapkan, bukan pula ancaman terhadap globalisasi dan stabilitas kawasan.
Kondisi nyata ini menggambarkan betapa operasi-operasi Angkatan Laut Indonesia memiliki hubungan langsung dengan globalisasi maupun stabilitas kawasan. Ketidakmampuan Indonesia menjaga keamanan maritim di wilayah perairannya berarti ancaman terhadap globalisasi dan stabilitas kawasan. Dikaitkan dengan organisasi militer Indonesia, dengan kondisi seperti itu sudah sewajarnya dan pantas apabila flag officer menduduki jabatan penting terkait dengan operasi yang digelar oleh militer Indonesia.

Tidak ada komentar: