31 Desember 2010

Prestise Angkatan Laut

All hands,
Prestise Angkatan Laut antara lain dapat diukur dari jenis kapal perang yang dipunyai. Tentu yang paling prestise bagi Angkatan Laut di dunia adalah apabila memiliki dan mengoperasikan kapal induk. Kapal induk adalah pameran kekuatan daya rusak Angkatan Laut untuk mempengaruhi psikologis pihak lain. Karena mahalnya biaya operasional harian kapal induk yang nyaris menyamai rata-rata APBN Indonesia, cuma sedikit negara yang bisa memiliki dan mengoperasikannya.
Bagi kebanyakan Angkatan Laut di dunia, prestise lebih banyak mereka tumpukan pada kapal permukaan dan kapal selam. Karena mempunyai kapal permukaan dalam susunan tempur sudah merupakan hal yang lumrah, kini prestise Angkatan Laut lebih banyak diukur dari kapal selam yang dimiliki. Oleh karena itu, diperlukan kearifan bagi Indonesia dalam memilih jenis kapal selam yang akan memperkuat Angkatan Lautnya.
Kearifan yang dimaksud adalah memadukan antara pendekatan operasional sesuai spektek, kemodernan kapal selam, biaya operasional secara keseluruhan (bukan sekedar harga beli belaka) dan tentu saja pertimbangan politik. Dengan memadukan berbagai aspek tersebut menjadi sebuah kearifan, diharapkan akan meningkatkan prestise Angkatan Laut Indonesia di tahun-tahun mendatang.

Tidak ada komentar: