12 Desember 2010

Suasi Angkatan Laut

All hands,
Dalam gunboat diplomacy alias diplomasi kapal perang, mengandung unsur suasi (suasion). Suasi Angkatan Laut menurut Edward N. Luttwak dibagi dalam dua kategori, yaitu suasi Angkatan Laut laten (latent naval suasion) dan suasi Angkatan Laut aktif (active naval suasion). Apa perbedaan antara suasi Angkatan Laut laten dan suasi Angkatan Laut aktif?
Suasi Angkatan Laut laten adalah suasi yang dilaksanakan oleh Angkatan Laut dalam penyebaran rutin dan atau tidak terarah (undirected) alias tidak diarahkan secara khusus pada sasaran tertentu. Misalnya, penyebaran kapal perang untuk berpatroli di perairan tertentu tanpa target spesifik, seperti di Selat Makassar. Adapun suasi Angkatan Laut aktif merupakan suasi yang dilaksanakan secara khusus dan terencana terhadap target spesifik. Sebagai contoh adalah penyebaran kapal perang di Laut Sulawesi yang target suasinya sudah jelas siapa.
Suasi Angkatan Laut laten akan menurunkan dua moda, yaitu moda penangkalan (deterrence) dan moda dukungan (supportive). Sedangkan suasi Angaktan Laut aktif turunannya adalah moda dukungan dan moda koersif.
Berdiskusi tentang suasi Angkatan Laut, sebenarnya bukan hal baru sebab telah dilaksanakan sejak berabad silam oleh beragam Angkatan Laut. Ditarik dalam konteks Indonesia, apakah suasi Angkatan Laut sudah dipahami dengan benar oleh semua pihak terkait? Tanpa pemahaman itu, mustahil bisa mengeksploitasi suasi tersebut.

Tidak ada komentar: