06 Februari 2011

Operasi Angkatan Laut Di Bawah Panji ASEAN?

All hands,
Dengan segala kekurangannya, negara-negara ASEAN telah bertekad mewujudkan ASEAN Community yang salah satu pilarnya adalah ASEAN Security Community (ASC). Tantangannya adalah bisakah ASC diwujudkan layaknya organisasi serupa di Uni Eropa, meskipun latar belakang ASEAN tidak dapat disamakan dengan Uni Eropa? Pertanyaan demikian menarik untuk didalami, antara lain karena tahun ini Indonesia memimpin organisasi ASEAN.
Sebenarnya moda operasi gabungan Angkatan Laut ASEAN di bawah panji ASEAN terbuka lebar. Ruangnya sudah disediakan dalam ASEAN Maritime Forum (AMF), di mana beberapa poin kerjasama sesungguhnya terbuka bagi pelaksanaan operasi gabungan Angkatan Laut. Dikatakan terbuka di sini dari aspek penafsiran terhadap beberapa poin dalam AMF, sebab tidak ada satu pun kalimat yang eksplisit mengatur soal operasi gabungan Angkatan Laut di bawah panji ASEAN.
Karena peluang itu terbuka, perlu dicapai kesepakatan antar negara ASEAN tentang apa tujuan operasi gabungan dan di mana wilayah operasi tersebut. Hal semacam ini bisa dicapai apabila secara politik ada kemauan ASEAN untuk menjadi penata keamanan kawasan Asia Tenggara. Tentang wilayah operasi memang isu sensitif, sebab beberapa negara ASEAN masih bersikukuh soal kedaulatan. Singkatnya, soal operasi gabungan Angkatan Laut ASEAN merupakan keniscayaan, tetapi perlu dikaji lebih lanjut antar negara ASEAN sendiri.

Tidak ada komentar: