05 Mei 2009

Tradisi Dan Ciri Khas Angkatan Laut

All hands,
Angkatan Laut mempunyai tradisi dan ciri khas yang berbeda dengan Angkatan Darat dan Angkatan Udara. Hal itu tercermin dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan organisasi Angkatan Laut, baik di pendirat maupun kapal perang. Misalnya penggunaan peluit untuk berbagai isyarat, aba-aba maupun perintah. Juga pemakaian lonceng untuk penunjukan waktu, yang mana bisa mengecoh orang awam apabila tidak paham bagaimana mengartikan bunyi lonceng tersebut dikaitkan dengan jam yang sedang berjalan.
Tradisi dan ciri khas Angkatan Laut juga dapat dilihat dari atribut yang ada, misalnya pada seragam personel Angkatan Laut. Di banyak Angkatan Laut di dunia, sangat mudah membedakan mana yang tergolong kelasi, mana yang tergolong Petty Officer. Begitu pula antara Petty Officer dengan perwira.
Misalnya penggunaan logo Angkatan Laut di pet perwira dan Petty Officer. Logo Angkatan Laut di pet perwira mengacu pada logo resmi Angkatan Laut negaranya, yang mana warnanya adalah kuning keemasan. Sedangkan untuk Petty Officer, logo pada pet adalah jangkar saja dengan warna perak. Adapun kelasi menggunakan dop, baik untuk PDH maupun PDU.
Kenapa demikian? Sebab Angkatan Laut di dunia mempunyai hirarki. Hirarki itu salah satunya berdasarkan golongan kepangkatan dan dipraktekkan secara ketat dalam kehidupan sehari-hari.
AL kita juga mewarisi tradisi demikian, sebab banyak generasi terdahulu Angkatan Laut negeri ini merupakan hasil didikan dari Koninklijke Marine. Tradisi dan ciri khas yang dianut oleh KM diwariskan kepada AL kita. Makanya banyak sekali istilah di AL kita yang sebenarnya berasal dari Bahasa Belanda, seperti oemrop, valreep dan lain sebagainya.
Pertanyaannya adalah apakah tradisi dan ciri khas Angkatan Laut yang diwariskan dari generasi terdahulu AL negeri ini masih terjaga atau mulai mengalami degradasi? Angkatan Laut di manapun di dunia bangga dengan tradisi dan ciri khas yang dimilikinya. Meskipun tidak sama dengan Angkatan Darat dan Angkatan Udara, tetapi itulah tradisi dan ciri khas Angkatan Laut. Angkatan Laut adalah Angkatan Laut!!!

Tidak ada komentar: