03 Oktober 2010

Kebijakan Membingungkan

All hands,
Kebijakan Indonesia menjalin kemitraan strategis dengan tiga kekuatan utama dunia sekaligus yang saling berbeda kepentingan adalah kebijakan yang aneh dan membingungkan. Jakarta dengan sukarela bermitra dengan Moskow, tanpa paksaan bermitra pula dengan Washington dan dengan senang hati bermitra dengan Beijing. Kemitraan tersebut aneh dan membingungkan karena mencerminkan ketidakjelasan kebijakan Indonesia sesungguhnya. Seperti diketahui, salah satu cakupan kemitraan itu adalah di bidang pertahanan.
Sebenarnya dari ketiga ibukota negara itu, mana yang lebih dipilih oleh Jakarta? Sampai kini pilihan itu tidak jelas. Jakarta bermitra dengan Moskow, namun ada elemen-elemen pengambil keputusan di Jakarta sendiri yang menghambat pengadaan senjata dari Moskow, termasuk kapal selam di dalamnya. Jakarta bermitra pula dengan Beijing, namun Beijing masih saja bersikukuh soal sembilan garis putus-putus meskipun di sisi lain Cina bermurah hati menjual senjata anti kapal kepada Indonesia. Jakarta bermitra juga dengan Washington, akan tetapi sejauh ini tidak ada bantuan sistem senjata dari Amerika Serikat yang memperkuat kekuatan militer Indonesia.
Lalu sebenarnya apa tujuan Jakarta untuk bermitra dengan ketiga ibukota itu apabila di Indonesia sendiri tidak ada satu sikap dan tidak jelas keuntungan yang diraih dari kemitraan itu bagi kepentingan Indonesia.

2 komentar:

John Fitzgerald mengatakan...

semestinya kita patut bersyukur dengan kebijakan trio tactical global defence. sebagai kekuatan asia tenggara yang baru jakarta memiliki dimensi global yang mumpuni dan invisible. perintah langsung dari komando tertinggi di jagad alam semesta. anda jangan ragukan itu sekali-kali. hal ini (kebijakan militer) telah dipertimbangkan matang-matang dari segi politik, ekonomi, budaya, pariwisata dll. namun yang perlu dibenahi adalah tambahan satu kekuatan lagi bagi Indonesia sebagai pimpinan tertinggi dalam gerakan non blok dan organisasi konferensi islam. yaitu memasukkan republik islam iran menjadi mitra timur tengah yang strategis dalam hal politik, ekonomi, budaya, pariwisata, pendidikan kesehatan, dan lain-lain.Semoga Tuhan Allah SWT merahmati kita semua bagi jayanya ibu pertiwi yang kita hormati selama ini, amin. Bravo merah putih bravo merah putih bravo merah putih bravo merah putih bravo merah putih bravo merah putih bravo merah putih!!!!!

Mike mengatakan...

Memang patut di tingkatkan kerjasama Indonesia dengan Iran, selain karena kekuatan Iran mulai bangkit dari dalam, juga karena secara politik memang punya pengaruh besar. Walaupun Washington akan menilai bahwa Indonesia lebih dekat dengan lawan-lawan Washington.