13 Oktober 2010

Revitalisasi Sistem Senjata Armada Terpadu

All hands,
Belum terlambat bagi kekuatan laut Indonesia untuk melakukan revitalisasi terhadap sistem senjata armada terpadu (SSAT). Mengapa revitalisasi penting untuk dilaksanakan? Tidak lain karena pemahaman terhadap SSAT saat ini cenderung mengalami penurunan. Indikatornya bisa dilihat dalam pembangunan kekuatan yang dilaksanakan.
Tidak jarang dalam pembangunan kekuatan tercipta kesenjangan kemampuan antar beberapa subsistem senjata. Dampaknya, interoperability yang diharapkan tercipta dalam SSAT tidak akan tercapai secara optimal. Di situlah pentingnya revitalisasi SSAT.
Pertanyaannya, dari mana melalui revitalisasi tersebut? Menurut hemat saya, harus dimulai dari aspek perencanaan pembangunan kekuatan. Sebab pada fase itu disusun rencana pembangunan kekuatan, baik pengadaan alutsista maupun pembangunan infrastruktur guna mendukung alutsista tersebut. Kalau dari tahap perencanaan sudah keliru menyusun konsep, maka implementasi SSAT pun tidak akan mencapai hasil diharapkan.
Oleh karena itu, perencanaan pembangunan kekuatan harus melibatkan semua pihak terkait. Bukan saja calon pengguna, tetapi juga pihak-pihak yang mendukung kesiapan operasional calon pengguna tersebut. Misalnya, pengadaan kapal perang harus melibatkan unsur penerbangan (bila di kapal itu ada dek penerbangan), unsur fasilitas pangkalan dan lain sebagainya, selain tentunya unsur pengguna nantinya.

Tidak ada komentar: