14 Oktober 2010

Amerika Serikat Merangkul Vietnam

All hands,
Kini tanpa ragu dan malu Amerika Serikat mulai merangkul Vietnam dalam isu-isu keamanan. Hal ini bisa dilihat dari mulai meningkatnya interaksi militer kedua negara, khususnya antar Angkatan Laut. Kapal perang milik Broer Sam mulai rutin berkunjung kembali ke Vietnam setelah dipaksa angkat kaki pada 1973 atau dua tahun sebelum Perang Vietnam berakhir. Tentu saja menjadi pertanyaan apa alasan Washington dengan bersemangat mau merangkul kembali Hanoi yang notabene bekas musuhnya.
Alasan kebangkitan militer Cina dapat dipastikan menjadi salah satu faktor pendorong tindakan Washington tersebut. Amerika Serikat membutuhkan banyak kawan untuk menghadapi kebangkitan militer Beijing dan secara cerdik Washington merangkul ibukota-ibukota negara yang mempunyai masalah dengan Cina. Seperti diketahui, sebagian besar negara ASEAN memiliki sengketa wilayah dengan Beijing yang sampai kini belum terselesaikan.
Sebagai mantan lawan tangguh, Hanoi tentu saja tidak bodoh dengan manuver Washington terhadapnya. Merupakan hal yang menarik untuk melihat sampai sejauh mana tingkat interaksi antara Angkatan Laut Amerika Serikat dengan Angkatan Laut Vietnam. Serta ke arah mana pelibatan kedua negara ke depan diarahkan? Bagaimanapula reaksi Cina?

Tidak ada komentar: