01 November 2010

Latihan Kapal Selam Cina

All hands,
Tidak dapat dipungkiri bahwa Cina terus berupaya memperkuat kapabilitas Angkatan Lautnya dalam berbagai bentuk. Di samping pengadaan berbagai kapal perang baru, Cina berupaya pula meningkatkan kemampuannya dalam berbagai jenis peperangan. Termasuk di antaranya peperangan kapal selam seiring dengan ambisi kekuatan laut negeri tirai internet untuk bisa menenggelamkan kapal induk Amerika Serikat.
Terkait dengan hal tersebut, salah satu cara yang ditempuh oleh Angkatan Laut Cina adalah menggelar latihan dalam skenario nyata. Tanpa ragu-ragu, kapal selam Cina dituntut untuk bisa menembus konvoi kapal induk Amerika Serikat yang beroperasi di kawasan Pasifik Barat dalam latihannya. Singkatnya, setiap kapal selam Cina diharuskan bisa mampu menyusup dalam konvoi kapal induk Amerika Serikat untuk kemudian memunculkan diri ke permukaan. Selama ini, preseden demikian sudah beberapa kali terjadi.
Pola latihan kapal selam lainnya adalah menembus sistem deteksi bawah air di sekitar pangkalan Angkatan Laut Amerika Serikat di Jepang. Saat berhasil menembus, kapal selam selanjutnya muncul ke permukaan di wilayah perairan tepat di depan pangkalan tersebut. Preseden serupa telah terjadi pula beberapa kali.
Kekuatan laut Indonesia perlu mempertimbangkan pola-pola latihan yang dilaksanakan oleh Cina. Bukan tidak mungkin pola demikian dapat diadopsi, dengan pertimbangan ada keputusan dari pemimpin militer negeri ini. Ada berbagai keuntungan dengan mengadopsi pola latihan demikian, di antaranya meningkatkan deterrence kapal selam Indonesia terhadap negara-negara lain di kawasan. Soalnya calon "korban" cukup banyak tersedia, entah itu kekuatan laut Negeri Tukang Klaim, kekuatan laut negeri penampung koruptor atau bahkan kekuatan laut negeri penindas Aborigin.

1 komentar:

Garuda_nyambar mengatakan...

saya sangat setuju dengan pendapat anda... Ndan !!!! melalui kekuatan perang, mari kita getarkan negar"a2 sebelah brengsek itu.... " NONSENS !!!!.... ZERO ENEMY, .... MEREKA SEMUA RIVAL KITA, ... MEREKA SENANG KALAU KITA SUSAH, INGAT MEREKA BENTUK SEATO TUK MUSUHI KITA ....... "SAATNYA ULTRANASIONALIS INDONESIA BANGKIT" ... GANYANG SEATO.....