28 September 2010

Kepentingan Amerika Serikat Di Laut Cina Selatan

All hands,
Sikap Amerika Serikat yang bersuara keras terhadap Laut Cina Selatan, khususnya terhadap aksi Cina, dapat dipastikan tidak lepas dari kepentingan nasional negara itu. Apa kepentingan Washington di perairan tersebut? Kepentingan negara itu setidaknya ada dua, yaitu kebebasan bernavigasi dan pembangunan kekuatan laut Cina.
Kebebasan bernavigasi merupakan hal yang tidak bisa ditawar bagi kepentingan Amerika Serikat. Tanpa kebebasan bernavigasi, proyeksi kekuatan laut Amerika Serikat tidak akan terlaksana sesuai rencana. Apabila Cina menghalangi kebebasan bernavigasi di Laut Cina Selatan, sama artinya dengan menerapkan strategi anti akses terhadap Amerika Serikat. Soal strategi anti akses selalu menjadi perhatian Washington terhadap negara manapun.
Tentang pembangunan kekuatan laut Cina, sudah menjadi rahasia umum Amerika Serikat sangat hirau dengan isu itu. Sebab pembangunan kekuatan laut Cina akan mempengaruhi keseimbangan di kawasan alias mengganggu kemapanan Angkatan Laut Amerika Serikat di kawasan. Meskipun demikian, kalau dinilai secara obyektif pembangunan kekuatan laut Cina juga akan mengancam kepentingan negara-negara lain di kawasan, termasuk Indonesia.
Pertanyaannya adalah bagaimana Indonesia bersikap merespon dinamika di Laut Cina Selatan? Baik secara politik maupun operasional Angkatan Laut.

Tidak ada komentar: