05 Januari 2010

Menelisik Bantuan Amerika Serikat

All hands,
Dalam bidang pertahanan, tidak sedikit bantuan yang telah diberikan oleh Amerika Serikat kepada Indonesia. Yang menjadi pertanyaan adalah apakah bantuan tersebut memang benar-benar bermanfaat bagi Indonesia? Untuk menjawab pertanyaan itu, harus dilihat terlebih dahulu daftar-daftar bantuan yang telah diberikan. Sulit untuk melakukan pukul rata bahwa bantuan dari Uwak Sam bermanfaat atau sebaliknya tidak bermanfaat bagi Indonesia.
Ada jenis bantuan tertentu dari Washington kepada Jakarta yang lebih banyak merugikan Indonesia daripada sebaliknya. Sudah pasti menjadi pertanyaan mengapa Indonesia menerima bantuan itu? Tidak sulit untuk menjawabnya, yakni Indonesia tidak tahu apa yang sebenarnya dibutuhkan olehnya. Sehingga ketika Amerika Serikat bilang bantuan x, Indonesia langsung mengangguk setuju.
Perlu diketahui bahwa pemberian bantuan militer oleh Amerika Serikat kepada Indonesia berangkat dari pikiran yaitu apa yang dibutuhkan oleh Amerika Serikat dari Indonesia. Bukan apa yang dibutuhkan oleh Indonesia dari Amerika Serikat. Tidak heran bila bantuan yang diberikan oleh Amerika Serikat, khususnya berbentuk material peralatan, tidak akan berusia lama dalam penggunaannya di Indonesia.
Sebagai contoh, kalau Paman Sam memerlukan informasi tentang domain maritim dari Indonesia, maka bantuan yang diberikan olehnya akan terkait dengan hal tersebut. Indonesia sebenarnya bukan tidak butuh bantuan itu, namun seringkali bantuan yang diberikan tidak sesuai dengan kebutuhan dan atau requirement dari Indonesia sendiri.
Belajar dari situ, ke depan sebaiknya Indonesia dapat mengindentifikasi apa sebenarnya yang dibutuhkan dalam kerjasama dengan Amerika Serikat.

Tidak ada komentar: