24 Maret 2010

Pengembangan Kapal Selam Midget

All hands,
Apa yang ditakutkan oleh Armada Ketujuh Amerika Serikat di perairan sekitar Semenanjung Korea? Jawabannya bukan rudal anti kapal Korea Utara, tidak pula rudal nuklir negeri yang dijuluki sebagai Hermit Kingdom itu. Yang ditakuti oleh U.S. Navy adalah armada kapal selam midget.
Mengapa ditakuti? Karena dengan dimensinya yang kecil, kapal selam ini mampu melaksanakan pendadakan dengan torpedo sebagai andalannya. Dalam konflik dengan Seoul sejak dahulu, Pyongyang tercatat pernah beberapa kali melaksanakan infiltrasi pasukan komandonya ke wilayah Korea Selatan menggunakan kapal selam midget.
Selain Korea Utara, Pakistan lewat Angkatan Lautnya juga menggunakan kapal selam midget. Tentu tidak sulit menebak siapa yang menjadi sasaran kapal selam midget negeri kelahiran Mohammad Iqbal tersebut. Eksistensi kapal selam midget Islamabad selama ini memang jarang diekspose.
Kekuatan laut Indonesia membutuhkan berbagai jenis senjata yang mematikan, di antaranya untuk menggelar strategi anti akses. Sebenarnya sejak dahulu sudah sempat dimunculkan konsep kapal selam midget di negeri ini, namun sangat disayangkan konsep itu belum mendapat sambutan yang memadai. Padahal eksistensi kapal selam midget diyakini akan meningkatkan kemampuan peperangan bawah air Indonesia dengan tidak mengabaikan sama sekali kapal selam ukuran besar yang juga merupakan senjata ampuh.
Perlu dipertimbangkan secara matang apakah benar kekuatan laut Indonesia tidak perlu dipersenjatai dengan kapal selam midget? Soal di mana kapal selam tersebut akan digunakan, tidak perlu dipertanyakan. Sebab dengan kondisi geografis kawasan Indonesia dan Asia Tenggara, tak sulit mengidentifikasi wilayah operasionalnya nanti.

Tidak ada komentar: