26 Maret 2010

Peran Departemen Pertahanan

All hands,
Di Amerika Serikat, perang Departemen Pertahanan adalah to field, sustain, and employ the military capabilities needed to protect the United States and its allies and to advance our interests. Dari situ jelas bahwa bisnis yang dimainkan oleh Departemen Pertahanan adalah soal mempersiapkan dan mengerahkan kekuatan militer untuk mengamankan Amerika Serikat, sekutu dan memajukan kepentingan nasional. Departemen Pertahanan Amerika Serikat berbisnis dengan urusan perang, bukan urusan lainnya termasuk urusan bencana alam.
Di Indonesia, sempat muncul kesan bahwa peran Departemen Pertahanan di negeri ini adalah urusan bencana alam. Sebab sistem senjata militer yang diprioritaskan untuk disiapkan adalah yang bersifat angkutan. Sehingga terkesan bahwa Angkatan Laut mau diubah menjadi Angkutan Laut, begitu pula Angkatan Udara hendak ditransformasikan menjadi Angkutan Udara. Semua itu karena bencana alam yang sering terjadi dalam skala besar, khususnya jumlah korban dan luasan daerah yang terpengaruh.
Untunglah kesan adanya peran sebagai pengurus bencana alam kini sudah mulai terhapus, karena Departemen Pertahanan kini mulai serius mendalami bisnisnya yaitu memperkuat pertahanan melalui pengadaan berbagai jenis sistem senjata baru untuk kebutuhan mengamankan kepentingan nasional, bukan untuk menghadapi bencana alam. Keseriusan itu bisa terlihat terlihat dalam menangani minimum essential force.
Ke depan, Departemen Pertahanan hendaknya tidak mengulangi kekeliruan tersebut lagi. Bagaimanapun, eksistensi departemen ini adalah untuk urusan terkait dengan pertahanan, bukan mengurus masalah sosial.

Tidak ada komentar: