09 Maret 2010

Kapal Perang Baru-Doktrin Baru

All hands
Seiring dengan kemajuan teknologi, perkembangan taktis dan strategi dan perkembangan lingkungan keamanan, kebutuhan akan doktrin baru bagi kekuatan laut negeri ini merupakan hal yang tidak bisa dihindari lagi. Disadari atau tidak, pengadaan beberapa kapal perang baru untuk memperkuat Armada Angkatan Laut sebenarnya telah menciptakan pekerjaan rumah baru yaitu mengubah doktrin. Contohnya adalah pembelian kapal LPD yang dipastikan akan mempengaruhi doktrin yang sudah eksis selama puluhan tahun.
Isu kapal perang baru-doktrin baru sebenarnya bukan cuma dihadapi oleh Angkatan Laut Indonesia. Kekuatan laut negara-negara lain pun menghadapi isu yang sama, misalnya pengadaan kapal LHD oleh Angkatan Laut Spanyol. Kapal tersebut berfungsi sebagai kapal induk mini dan sekaligus kapal markas dalam melaksanakan proyeksi kekuatan. Perkembangan seperti itu dipastikan akan mempengaruhi doktrin yang selama ini mereka anut.
Masuknya kapal seperti LPD akan mengubah cara kita untuk melaksanakan power projection from the sea. Misalnya, tidak mutlak lagi diperlukan pembentukan tumpuan pantai. Berikutnya, diperlukan armada helikopter yang cukup untuk GKK Lintas Heli sekaligus helikopter yang mempunyai kemampuan AKS dan juga heli escort. Selanjutnya, dibutuhkan wahana pendarat yang dapat melaksanakan disembarkasi dengan kapasitas muat besar dan kecepatan tinggi.
Seiring dengan realisasi pembangunan kekuatan ke depan, hendaknya sejak dini perlu diantisipasi pula dampak dari pengadaan sistem senjata tersebut terhadap doktrin yang dianut sekarang. Seandainya menurut kajian atau penilaian bahwa sistem senjata baru yang akan memperkuat Angkatan Laut nantinya akan mempengaruhi doktrin yang sudah eksis, tentu merupakan langkah yang tepat untuk melakukan tinjauan ulang terhadap doktrin itu. Penting untuk dipahami, kemajuan teknologi tidak dapat dibendung dan doktrin harus menyesuaikan diri dengan kemajuan teknologi itu.

1 komentar:

Mitra mengatakan...

Mungkin kita perlu menelaah LPD kita yang ada saja dulu, mungkin di jajaran Satfib sudah ada KRI Surabaya dan di jajaran Satban KRI dr.Saharjo (kalau keduanya bisa dikategorikan LPD). Sebagai catatan US Navy sepertinya serius mengembangkan LPD, kalau tidak salah november tahun lalu launching USS New York (San Antonio class), LPD ke-21 di jajarannya. AL kita perlu studi banding ke Amerika kah?