15 Maret 2009

Penangkalan Terhadap Aktor Non Negara (Bag-1)

All hands,
Pembangunan kekuatan laut selama ini di banyak negara salah satunya ditujukan untuk menimbulkan dampak penangkalan. Adapun penangkalan itu ditujukan kepada aktor negara, karena dari era Perang Dingin konsep penangkalan ditujukan kepada aktor tersebut. Namun seiring dengan lebih menonjolnya peran aktor non negara dalam isu keamanan maritim masa kini, Angkatan Laut di dunia ditantang untuk menciptakan pula suatu postur yang mampu melakukan penangkalan terhadap aktor non negara.
Merujuk pada kasus Perang Israel-Hizbullah, Perang Irak dan Perang Afghanistan, cukup jelas bahwa kekuatan militer negara-negara maju yang luar biasa tersebut ternyata tidak mampu menimbulkan penangkalan terhadap aktor-aktor non negara. Aktor-aktor non negara seperti kelompok Hizbullah, gerilyawan Irak, gerilyawan Taliban maupun grup teroris Al Qaidah sama sekali tidak gentar dengan kehebatan militer Israel maupun Amerika Serikat.
Lalu bagaimana menimbulkan dampak penangkalan terhadap aktor non negara? Postur kekuatan laut seperti apa yang harus dibangun? Apakah Angkatan Laut di dunia harus mengembangkan kemampuan asimetris? (Bersambung)

Tidak ada komentar: