26 Oktober 2009

Modernisasi Sistem Elektronika Kapal Perang

All hands,
Dalam praktek di Indonesia saat ini, kegiatan MLM kapal perang seringkali lebih banyak difokuskan pada sistem pendorong, selain platform itu sendiri. Perhatian yang cukup belum diperlihatkan pada modernisasi sistem elektronika kapal perang, apalagi pada sistem senjatanya. Sehingga seringkali platform telah dilengkapi dengan sistem pendorong yang lebih maju daripada sistem pendorong semula, akan tetapi sistem elektronikanya masih seperti saat kapal pertama kali dibeli. Sedangkan pada sisi lain, teknologi sistem elektronika kapal perang terus berkembang sehingga lama kelamaan sistem elektronika yang melengkapi kapal perang Indonesia ketinggalan teknologi.
Berangkat dari situasi tersebut, ada baiknya bila program MLM kapal perang ke depan juga turut memasukkan modernisasi sistem elektronika ke dalamnya. Modernisasi sistem elektronika maksudnya sistem elektronika yang melengkapi kapal perang diganti dengan keluaran teknologi terakhir. Dengan demikian, hasil program MLM akan lebih efektif daripada sekedar memodernisasi sistem pendorong maupun platform-nya.
Pendekatan modernisasi sistem elektronika kapal perang kini banyak dianut oleh Angkatan Laut di dunia. Bahkan kapal perang keluaran masa kini dirancang untuk bisa diganti sistem elektronika dalam masa 10-15 tahun sejak commissioning. Australia adalah salah satu negara yang melakukan demikian, dengan memodernisasi kapal perang kelas Adelaide lewat Project SEA 1390.
Mengingat usia platform kapal perang biasanya lebih panjang dari usia teknologi sistem elektronika, perlu dipikirkan dengan serius apa untung ruginya memodernisasi kapal perang lewat program MLM pada keseluruhan sistem yang ada di kapal perang. Mungkin pendekatan itu selain lebih ekonomis, juga dapat meningkatkan daya pukul, mobilitas dan daya penginderaan kapal perang yang dipunyai.

Tidak ada komentar: