03 Juli 2009

Grand Strategy Dan Struktur Kekuatan Angkatan Laut

All hands,
Untuk mewujudkan kepentingan nasional, disusunlah strategi keamanan nasional. Strategi keamanan nasional merinci beberapa aspek, termasuk di dalamnya aspek militer. Aspek militer kemudian dirinci lebih detail dalam bentuk strategi militer nasional. Sebagian pihak memahami bahwa strategi militer nasional adalah bentuk dari grand strategy.
Grand strategy memiliki keterkaitan erat dengan kebijakan luar negeri, selain dengan kebijakan ekonomi nasional. Sebab pada dasarnya grand strategy terkait dengan penggunaan semua sumber daya nasional untuk kepentingan pertahanan. Oleh karena itu, penyusunan grand strategy tidak boleh menegasikan peran elemen-elemen lain di luar militer, meskipun nantinya militer adalah ujung tombak dari grand strategy itu.
Grand strategy setiap bangsa berbeda-beda, tergantung pada kepentingan nasional masing-masing. Apapun grand strategy yang dipilih, setiap pilihan akan dihadapkan pada dua isu, yaitu isu-isu (keamanan) yang dihadapi dan instrumen-instrumen (yang digunakan) dan struktur kekuatan (militer) yang dibutuhkan. Struktur kekuatan yang dirancang akan sangat tergantung pada isu-isu keamanan yang dihadapi.
Pada sisi lain, struktur kekuatan juga harus berkompromi dengan keterbatasan sumber daya, termasuk keuangan. Namun tidak berarti bahwa struktur kekuatan disesuaikan dengan anggaran. Anggaran harus mengikuti kebutuhan struktur kekuatan, bagaimanapun caranya. Sangat keliru bila struktur kekuatan disesuaikan dengan anggaran, sebab isu-isu keamanan yang berkembang bukan suatu hal yang bisa dikompromikan dengan anggaran.
Grand strategy Indonesia hingga sekarang belum ada. Oleh karena itu, struktur kekuatan laut yang dimiliki saat ini mungkin saja suatu saat harus disesuaikan dengan grand strategy apabila grand strategy telah ditetapkan. Penetapan grand strategy penuh dengan tantangan, termasuk di antaranya mengidentifikasi dengan betul isu-isu keamanan yang akan dihadapi dalam suatu jangka waktu tertentu. Kekeliruan dalam mengidentifikasi hal tersebut dapat bersifat fatal.

Tidak ada komentar: