01 Desember 2009

Kebanggaan Dan Efisiensi

All hands,
Menggunakan sistem senjata buatan dalam negeri merupakan kebanggaan bagi setiap bangsa. Sebab secara normatif hal itu berarti mengurangi ketergantungan pada sistem senjata buatan asing. Namun demikian, kebanggaan dalam menggunakan sistem senjata buatan dalam negeri sudah sepantasnya diimbangi pula dengan perhitungan ekonomis yaitu efisiennya. Efisien antara lain menyangkut biaya yang dikeluarkan dalam penggunaan sistem senjata tersebut dibandingkan sistem senjata serupa keluaran pabrikan asing.
Butuh perhitungan cermat soal itu, agar jangan sampai biaya yang dikeluarkan untuk penggunaan sistem senjata buatan dalam negeri jauh lebih mahal daripada sistem senjata sejenis produk luar negeri. Biaya yang tercakup di sini antara lain adalah biaya pemeliharaan, di samping juga biaya operasional maupun penyiapan pengawak. Kalau biayanya sama dan atau malah lebih mahal daripada sistem senjata serupa buatan asing, tentu saja pantas untuk dipertanyakan kinerja sistem senjata buatan dalam negeri.
Berhitung mengenai biaya yang dikeluarkan penting untuk dilaksanakan, sebab sumber daya yang tersedia pada dasarnya terbatas. Terkait dengan sistem senjata buatan dalam negeri, perhitungan diperlukan bukan semata soal biaya yang harus dikeluarkan dalam operasional dan pemeliharaannya, tetapi juga sebagai umpan balik kepada pabrikan. Dengan adanya masukan itu diharapkan pabrikan akan melaksanakan perbaikan pada kekurangan yang terjadi, baik kekurangan teknis maupun non teknis.
Kehendak politik untuk lebih banyak menggunakan sistem senjata buatan dalam negeri patut untuk dihargai, akan tetapi keinginan itu harus diimbangi pula oleh kemampuan pabrikan lokal untuk menciptakan sistem senjata yang biaya operasional dan pemeliharaannya tidak lebih mahal daripada sistem senjata serupa pasokan asing. Terkadang faktor biaya ini seringkali diabaikan dalam penggunaan sistem senjata produksi lokal.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

SAlam kenal mas.
Tentunya keinginan menggun akan produksi dalam negeri setelah dilihat bahwa produk dalam negeri sendiri mempunyai banyak keunggulan. Selain faktor harga, faktor after sales dll. Dan tentu saja, untuk mendapatkan produk yang ideal, memerlukan proses waktu. Mungkin pada tahun2 awal akan terkesan harga nggak sebanding dengan mutu dll. Namun seiring dengan adanya komunikasi yg baik antara produsen dan user, akan membuat produsen untuk memperbaiki mutu hasil produksinya.
Jadi, kalau bukan kita sendiri, siapa lagi yang akan bangga pada produk sendiri.