26 Mei 2010

Tugas Utama Kapal Selam

All hands,
Setiap Angkatan Laut yang mempunyai kapal selam dalam susunan tempurnya dihadapkan pada satu pertanyaan bersifat taktis, yaitu apakah tugas kapal selam mereka untuk peperangan anti kapal selam ataukah peperangan anti kapal permukaan? Secara teoritis dan praktek, kapal selam mempunyai kemampuan guna melaksanakan dua kemampuan tersebut, Akan tetapi, dalam prakteknya mayoritas Angkatan Laut menetapkan satu tugas yang lebih dominan pada armada kapal selam mereka.
Kalau tugas utama unsur kapal selam pada suatu armada Angkatan Laut adalah untuk anti peperangan kapal selam, eksistensi kapal selam itu harus diimbangi oleh oleh sejumlah kapal permukaan, pesawat patroli maritim dan helikopter yang menyandang kemampuan anti kapal selam pula. Bila tidak ada perimbangan antara unsur kapal selam dengan unsur-unsur lainnya, yang terjadi adalah Angkatan Laut tersebut tidak mempunyai kemampuan yang mumpuni dalam bisnis peperangan anti kapal selam. Sebaliknya, Angkatan Laut tersebut secara desain atau tidak telah menempatkan unsur kapal selamnya untuk berfokus pada peperangan anti kapal permukaan.
Berdasarkan uraian singkat ini, bisa direka di mana sebenarnya posisi kekuatan kapal selam Indonesia saat ini. Apakah tugas utamanya untuk peperangan anti kapal selam ataukah peperangan anti kapal permukaan. Sekaligus menjadi pekerjaan rumah untuk membenahi kemampuan peperangan kapal selam ke depan agar lebih baik daripada kondisi saat ini.

Tidak ada komentar: